Ibunda Berpesan Banyak Doa dan Rendah Hati

Ibu pebalap kebanggaan Indonesia Rio Haryanto, Indah Pennywati, tidak lagi mendampingi putranya di ajang Formula 1. Indah hanya mengiringi dengan doa dan akan menggelar tasyakuran.
SENYUM terus merekah menghiasi bibir orang tua Rio Haryanto, Indah Pennywati, dan Sinyo Haryanto, setelah anaknya dipastikan tampil di Formula 1 musim 2016. Senyum tanda bersyukur atas perjuangan panjang dan berliku kedua orangtua Rio yang berjuang mati-matian memperjuangkan anaknya tampil di Formula 1.
”Lega setelah Rio dipastikan tampil di Formula 1. Plong setelah perjuangan panjang akhirnya membuahkan hasil Rio bisa balapan di F1,” tutur Indah setelah konferensi pers Rio Haryanto menjadi pembalap Formula 1 di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, Kamis (18/2).

Setelah dipastikan tampil bersama tim Manor Racing, Indah tidak lupa memberikan pesan khusus kepada Rio saat menjalani debut Formula 1 di Grand Prix Australia pada 17-20 Maret mendatang. ”Saya selalu bilang ke Rio agar tetap seperti dia apa adanya. Balapan dengan banyak berdoa dan selalu rendah hati,” kata Indah berpesan.
Sebagai seorang ibu, kata Indah, dirinya tidak pernah berhenti berdoa dan memperjuangkan cita-cita Rio yang memang ingin menjadi pembalap Formula 1. ”Saya tidak menyangka Rio pengin menjadi pembalap F1. Namun, cita-cita anak harus diamini. Saya sebagai orang tua mengikuti keinginan anak. Saya yakin Rio punya talenta masuk Formula 1,”papar Indah.
Dia juga berpesan kepada Rio agar tetap menjaga nama baik Indonesia di mata dunia. Karena ketika masuk Formula 1 membawa nama Indonesia ke dunia luar. ”Ini semata bukan buat Rio tapi untuk Indonesia. Dengan masuk Formula 1, Rio akan lebih mengenalkan Indonesia agar dipandang dunia luar,”jelasnya.

Indah juga  memastikan tidak akan menemani anaknya untuk berlaga di ajang balap mobil terbesar di dunia, Formula 1. Indah beralasan dikarenakan saat ini Rio sudah berada di F1 bukan berada di GP2 lagi.
“Sepertinya saya tidak akan mendampingi Rio selama satu putaran penuh lagi,” katanya. “Rio sudah besar dan sudah masuk ke F1,” jelasnya.
Selain hanya bisa memberikan doa kepada anaknya, Indah juga memastikan akan merombak jajaran manajemen Rio saat ini. Perlu diketahui, masuknya Rio ke Manor Racing atas berkat dari Indah dan manajernya Piers Hunnisett yang selalu bekerja keras.
Nantinya manajemen baru tersebut akan membantu tugas Piers Hunnisett agar lebih solid lagi. “Tentunya pastinya akan ada tambahan untuk manajemen Rio agar lebih solid lagi ke depannya,” ucapnya.
Indah juga mengatakan akan mengadakan tasyakuran untuk menyambut keberhasilan putranya. Nantinya setelah Rio pulang ke Indonesia dari Barcelona, Indah berniat akan mengadakan syukuran meminta doa restu untuk balapan di Formula 1.
“Saya belum berpikir karena besok malam Rio akan berangkat ke Barcelona untuk latihan,” ucap Indah.
“Inikan masih latihan, nanti setelah pulang ke Indonesia, baru kita akan mengadakan syukuran untuk meminta doa,” jelasnya.
Maka dari itu Indah saat ini hanya meminta doa dari masyarakat Indonesia agar mendoakan Rio selamat ketika mengendarai mobil balapnya. Apalagi Rio akan beradu cepat di ajang Formula 1 yang kebanyakan para pebalapnya memiliki kecepatan dengan sangat luar biasa.
“Kita doakan Rio agar selamat dan Tuhan selalu melindunginya,” harap Indah.
Rio Haryanto dipastikan menjadi pebalap dari Manor Racing dan akan berlaga di ajang Formula 1 musim 2016. Pebalap asal Surakarta itu rencananya akan bertolak ke Barcelona pada Jumat (19/2) malam WIB. Pebalap berusia 23 tahun itu akan melakoni sesi tes bersama Manor Racing pada pekan depan di Sirkuit Catalunya, Barcelona.
Keberhasilan Rio itu tak luput dari perjuangan sang ibu tercinta. Indah terus berupaya mendorong, member semangat, dan bersama Rio berjuang ke sana kemari mencari dana agar Rio bisa membalap di Formula 1.
Disebut Bayar Tinggi
Rio Haryanto sendiri sudah memutuskan nomor yang akan ia gunakan di Formula 1 bersama Manor Racing. Rio akan menggunakan angka 88 sebagai nomornya di Formula 1 bersama Manor Racing. Nomor yang akan digunakan oleh Rio Haryanto diumumkan oleh akun media sosial Twitter milik Manor Racing.
“Pembalap baru kami @RHaryantoracing akan menggunakan nomor 88 sebagai nomor balapnya,” tulis Manor Racing dalam akun Twitter-nya, kemarin.
Rio Haryanto akan bertandem dengan Pascal Wehrlein yang sudah ditunjuk lebih dahulu oleh Manor sebagai pembalap mereka musim 2016. Rio menggusur  posisi pebalap Inggris, Will Stevens, dari kursi Manor Racing.
Seperti diberitakan Sky Sports, Rabu (16/2) malam, Stevens akan diganti oleh Rio yang disebut telah mendapat dukungan dana dari sebuah perusahaan minyak Indonesia sebesar 10 juta euro (sekitar Rp 130 miliar).
Will Stevens kabarnya akan dipecat oleh timnya itu setelah Rio Haryanto dipastikan bisa membayar dana 10 juta poundsterling sebagai syarat keikutsertaan. Will adalah pebalap asal Inggris yang tampil di F1 musim lalu bersama Manor Racing dan dikabarkan akan melajutkan karier ke Amerika.
Didepaknya Will disebutkan Dailymail disebabkan kalah jumlah bayarannya dari Rio Haryanto yang juga akan menjadi calon pebalap Manor Racing di ajang Formula 1 musim 2016. Dailymail menyebut bahwa pengumuman resmi terkait formasi pebalap akan segera dilakukan dalam waktu dekat.
Seperti diberitakan sebelumnya, Rio Haryanto hanya ingin tampil di F1 sebagai pebalap utama dan bermain penuh satu musim. Stevens menghabiskan musim lalu dengan Manor. Hasilnya memang kurang memuaskan, tetapi media Inggris itu menganggap ketidakoptimalan Stevens karena mesin yang digunakan Manor tidak mendapat kecepatan maksimal.
Tahun ini, Manor menggunakan mesin Mercedes sehingga banyak yang menganggap Stevens bisa tampil lebih baik musim ini. Namun, Manor memutuskan tidak mengontraknya. Kabar ini menjadi pukulan pahit bagi Stevens karena kepastian nasibnya diumumkan seminggu sebelum tes pramusim pertama di Barcelona pada 22 Februari.
Stevens kemungkinan akan menjajal balapan di negara lain, yakni Amerika sebelum dia mendapat peluang untuk kembali membalap di ajang F1. Musim ini, Inggris tetap memiliki tiga pebalap yang tampil di F1, yaitu Lewis Hamilton di Mercedes, Jenson Button di McLaren, dan rookie Jolyon Palmer di Renault.
Pengumuman resmi kapan Rio akan bergabung dengan manor diperkirakan diumumkan pada beberapa hari ke depan. Kepastian tersebut sekaligus mengakhiri spekulasi pebalap yang akan bekerja sama dengan Pascal Wehrlein musim ini. Pekan lalu, pemilik Manor, Stephen Fitzpatrick memastikan anak didik Mercedes itu akan membela timnya.
Manor saat ini ditangani mantan manajer tim McLaren, Dave Ryan dan tengah berusaha membangun kembali tim dengan menyewa dua mantan desainer tim Ferrari.
Manor sebelumnya memiliki tiga kandidat untuk mengisi grid terakhir F1. Selain Stevens dan Rio, Alexander Rossi, pebalap GP2 Series 2015 merupakan salah satu kandidat yang pernah lima kali turun bersama Manor pada F1 2015.
Kembali ke Rio, meraih ribuan ucapan selamat sekaligus bangga dari warga Indonesia, ternyata banyak netizen dari luar Indonesia yang kecewa dengan Manor yang memilih Rio. Hal itu terlihat dari komentar-komentar netizen di akun Facebook Manor Racing.
“Dia (Rio) mendapatkan kursi hanya karena dia membayar lebih. Sangat kecewa dengan Manor Racing,” tulis akun Justin Burbidge. “Serius Manor? Sungguh pilihan yang salah, race craft-nya hanyalah sampah selama bertahun-tahun,” tulis akun Chris Hignell.
Namun itu hanya sebagian kecil dari netizen yang kecewa dengan pilihan Manor. Sisanya adalah para netizen yang bangga sekaligus berterima kasih pada pihak manor Racing.
“Senang melihat Rio mendapat kesempatan. Dia memiliki musim yang bagus di GP2 tahun lalu dan ini akan jadi menarik untuk melihat bagaimana Rio akan menjadi juara DTM,” tulis akun Bas van der Wiel.
“Saya tahu dia (Rio) membayar untuk mendapatkan kursinya, tapi dia adalah orang yang bertalenta dan membuat saya kagum selama di GP2,” tulis akun Tom Birchenough menambahkan. tri, dit, viv
Share on Google Plus

About Nadi Usea