Manor Racing ‘Tes Pramusim F1’ Mobil Rio Melintir

JAKARTA- Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, menutup sesi pagi pada hari ketiga tes pramusim Formula 1 2016 di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Rabu (24/2), dengan berada di urutan ke-10 daftar pencatat waktu.
Dengan ban medium, pebalap Manor Racing tersebut mencatat putaran terbaik 1 menit 29,808 detik. Rio mencatat 25 putaran pada sesi pagi ini. Rio mendapat insiden jelang jeda makan siang. Dia melintir di tikungan 5 dan membuat bendera merah berkibar.


Pebalap Force India, Nico Hulkenberg, menjadi yang tercepat dengan putaran terbaik 1 menit 25,286 detik. Kimi Raikkonen (Ferrari) baru melakukan empat putaran dan belum mencatat putaran waktu. Raikkonen jadi pebalap terakhir yang turun ke lintasan.
Pebalap Finlandia tersebut baru bisa memacu mobilnya ketika sesi akan memasuki jeda makan siang. Raikkonen tertahan di paddock karena ada masalah bahan bakar di mobilnya. Tes akan berlanjut setelah jeda makan siang.




Dalam laporan Crash, kejadian melintirnya mobil Rio membuat MRT05 miliknya langsung dibawa kembali ke pit stop karena alami kerusakan.
Menjelang tes kemarin, Rio sempat tersenyum dengan helm berwarna kuning miliknya. “Bukan pertama kali seorang pebalap Indonesia menjajal mobil F1, tapi ini kali pertama tesnya sebagai pebalap F1,” tulis Twitter resmi Manor Racing.


Rekan satu tim Rio berhasil mencatatkan waktu yang cukup memuaskan dalam tes kemarin. Pascal mencatatkan waktu terbaik 1 menit 28,282 detik dan menduduki waktu tercepat kedelapan dari 11 pebalap yang turun.
Sementara itu, Manor Racing kemarin menanggapi sindiran nitizen Indonesia bahwa warna mobil milik tim Formula 1 Rio Haryanto bersama Manor Racing mirip Metromini. Kedua mobil itu memang kombinasi warna oranye dengan biru metalik.


Namun, menurut Technical Director, John McQuilliam, livery mobil teranyar mereka merupakan sesuatu yang bisa mencuri perhatian di tengah sirkuit. “Saya sangat menyukai mobil ini. Ia sudah merupakan mobil yang enak dipandang, tapi livery yang baru itu menakjubkan,” tutur John, dalam rilisnya.
Kalau dilihat secara keseluruhan, sebenarnya warna livery Manor cukup menarik. Warna oranye membalut bagian atas mobil, sementara warna biru menghiasi bagian samping mobil sampai airduck. Sedangkan bagian belakang mobil didominasi warna hitam.


Sementara itu, terpilih Rio sebagai salah satu pebalap F1 pada musim ini masih menyisakan tanggungan. Yakni beban finansial dari tim Manor Racing yang menaunginya masih belum rampung hingga saat ini.
Kemenpora bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) berkumpul bersama, Rabu (24/2) untuk mencari solusi alternatif. Salah satu hasil pertemuan memutuskan, dalam waktu dekat ini bakal diselenggarakan penggalangan dana untuk Rio melalui seluruh masyarakat Indonesia yang peduli.


“Tadi kami bersama IMI Jakarta sudah melakukan pertemuan dan salah satu hasilnya adalah memprakarsai penggalangan dana untuk Rio kepada masyarakat. Itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini, dan sistemnya seperti mengumpulkan koin atau pundi-pundi secara sukarela,” kata Imam di media center Kemenpora, Jakarta, Rabu (24/2).


“Pokoknya, siapa pun yang menyumbang dan berapa pun jumlah sumbangannya harus dipublikasikan. Kami dari Kemenpora akan memulai lebih dulu,” tambahnya.
Manor Racing selaku tim yang menaungi Rio pada ajang F1 meminta dana sebesar 15 juta euro untuk memenuhi berbagai keperluan balapan pada musim ini. Masalah finansial itu akhirnya sudah sedikit teratasi dengan cairnya dana sebesar 5 juta Euro yang diberikan Pertamina.


Rumornya, Kemenpora melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bakal memberi suntikan dana lagi sebesar Rp100 miliar. Akan tetapi, proses pencairannya masih tersendat karena menggunakan dana Anggara Pendapatan Belanja Nasional (APBN).


“Sambil menggelar penggalangan pundi dana untuk Rio. Kami akan tetap mengupayakan mendapatkan link dengan perusahaan-perusahaan swasta maupun BUMN. Kemudian kami juga terus mendorong cairnya dana APBN tersebut,” pungkas Imam.



Malaysia Sponsori Rio?
Sementara itu, Kementerian Pariwisata Malaysia dikabarkan berminat menjadi sponsor pebalap Manor Racing, Rio Haryanto yang akan berlaga di ajang balap paling bergengsi di dunia, Formula 1. Apabila benar, nantinya tagline ‘Visit Malaysia’ akan terpampang di mobil Rio Haryanto.


Menpora Imam Nahrawi mengaku galau ketika diberitahu kabar itu. Bahkan, dia menyatakan BUMN dan pihak swasta yang telah menggelontorkan dana untuk Rio Haryanto juga akan ikut-ikutan galau.
“Yang pasti kalau itu terjadi paling tidak tentu saya yang akan galau. Bersama BUMN dan swasta nasional saya kira harus galau dengan kenyataan ini,” ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/2).


Imam menegaskan tak akan tinggal diam. Dia menyatakan akan mencoba ‘menjegal’ Malaysia dengan melakukan berbagai hal. Salah satunya, telah meminta izin Presiden Jokowi agar berkenan menyisihkan uang dari APBN untuk menutupi kekurangan dana yang dialami Rio Haryanto.
“Saya sampaikan bahwa ini kesempatan emas bagi kita, semua BUMN, dunia usaha dan termasuk seluruh warga masyarakat bersatu padu gotong royong saling bantu. Saya sudah minta izin Presiden untuk melakukan terobosan baik RAPBN beliau memberikan lampu hijau asal betul-betul sesuai koridor hukum,” ujarnya.


“Yang kedua sebentar lagi akan kami gerakkan bagaimana ini menjadi satu gerakan massal. Kita semua harus menyumbang entah itu koin atau istilah pundi untuk Rio akan kita gerakkan, katanya menambahkan.
Tak hanya itu, politisi PKB ini juga telah melakukan pembicaraan dengan Menteri Pariwisata Arif Yahya untuk mengupayakan agar tulisan ‘Wonderful Indonesia’ yang merupakan jargon untuk mempromosikan pariwisata Indonesia terpampang di mobil balap Rio Haryanto. “Kalau muncul Wonderful Indonesia itu saya kira lebih cantik, ciamik dan kita akan lebih bangga lagi,” ujarnya. tri, kcm, mer
Share on Google Plus

About Nadi Usea