Rio Siap Kebut MRT05

JAKARTA – Pebalap Indonesia, Rio Haryantobersama tim asal Inggris, Manor akan segera memperlihatkan tampilan mobil balap yang akan digunakan untuk bersaing di lintasan balap F1 musim 2016. Acara peluncuran mobil balap Rio akan digelar di sirkuit Catalunya, Barcelona hari ini, Senin (22/2) waktu setempat.
Rio akan menggunakan mobil balap Manor MRT05 dengan memakai nomor balap 88. Mobil balap ini menggunakan mesin mobil balap F1 yang disuplai oleh Mercedes.

Meski sampai saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai spesifikasi detail MRT05, tapi dikabarkan mobil ini merupakan kolaborasi antara dua produsen besar, yakni Mercedes-Benz untuk mesin dan transmisi dari Williams Advanced Engineering.
Bahkan sebelum Rio, Manor Racing juga mengambil Pascal Wehrlein yang merupakan pebalap junior Mercedes-Benz. Dengan hal ini memungkinkan MRT05 yang akan digunakan Rio mengaplikasi teknologi andalan Mercedes-Benz, yakni wind tunnel.
Hal ini memungkinkan mobil yang akan dikendarai Rio merupakan rancangan dari Tombaiz yang pernah bekerja untuk Benetton dan McLaren, dan terkenal sebagai salah satu master aerodinamis di balap F1.
Rio mengaku sudah tidak sabar lagi untuk mencoba kendaraan bermesin Mercedes yang akan menjadi tunggangannya itu.
“Saya akan berangkat ke Barcelona untuk uji coba resmi. Manor musim ini menggunakan mesin Mercedes. Jelas tim ini akan mendapatkan fasilitas lebih dari Mercedes,” kata Rio dikutip Antara.
Menurut dia, tim Manor Racing dibilang menjadi Tim B Mercedes setelah ada pebalap yang didukung penuh oleh pabrikan asal Jerman itu yang menjadi rekan satunya. Kondisi ini dinilai sangat menguntungkan.
Dengan kondisi tersebut, kata dia, pihaknya akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sebagai debutan, Rio juga tidak akan mengecewakan pihak-pihak yang selama ini memberikan dukungan hingga bisa masuk Formula 1.
“Saya akan berusaha memberikan yang terbaik. Ini adalah peluang saya,” kata pebalap yang mulai aktif balapan sejak usia enam tahun itu.
Sementara nomor  88 dipilih karena dianggap sebagai nomor favoritnya. “Nomor 88 saya pilih karena pada 2009 saya tampil sukses di ajang Formula Asia (dengan nomor 88). Dan saya ingin memakainya lagi di GP3 dan GP2 Series, tapi ada regulasi (yang tidak memperbolehkan penggunaan nomor itu),” terang Rio.
Tim Manor Racing tahun ini menggunakan mesin yang berbeda dibandingkan tahun lalu. Pada musim 2015, tim asal Inggris ini menggunakan mesin ferari, sedangkan musim ini mengandalkan Mercedes. Hal ini juga diakui oleh Racing Director Manor, Dave Ryan.
Dengan senjata MRT05 ini, Rio akan memulai laganya di balap F1 yang berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, pada 18-20 Maret. net
Share on Google Plus

About Nadi Usea