Edan! PT CMC Kerjakan Pagar Tembok Lama Jadi Baru

Terlihat tiga siswa SMP Negeri 26 asyik bermain
di kolam ikan yang lahannya dipagar tembok
yang dikerjakan oleh PT CMC.|DUTA/SUNARKO
Surabaya - Proyek pembangunan gedung tipe B SMP Negeri 26 di kawasan Jalan Banjar Sugihan Surabaya yang dikerjakan PT Citra Mandiri Cipta (PT CMC) diduga melakukan penyimpangan spesifikasi teknis pekerjaan khususnya pembangunan dinding tembok sekolahan yang ternyata masih tetap menggunakan tembok lama.

Itu terlihat dari Strous (penahan beban bangunan red) dan dinding tembok yang hanya ditinggikan oleh pekerja PT CMC. Padahal dalam kontrak proyek antara Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) dan PT CMC sebelumnya wajib membongkar tembok bangunan lama.

Hariadi selaku penanggung jawab PT CMC saat dikonfirmasi terkait pekerjaan pagar yang diduga hanya tambal sulam belum bisa menjawab dan akan diklarifikasikan ke pengawas lapangan.

"Memang benar itu proyek saya tapi saya belum bisa menjawab. Saya klarifikasi dulu dengan orang lapangan mas," singkatnya, Selasa (15/11).

Senada, Mochammad Daeng Isman, Direktur CV Daeng Konsultan selaku pengawas konsultan rekanan DCKTR Surabaya juga terkesan enggan menjawab konfirmasi dari DUTA.

Dihubungi terpisah, Kabid Pengawasan DCKTR Surabaya, Lasidi dengan tegas menyatakan, kalau benar ada penyimpangan seperti itu jelas akan ada sanksi tegas terhadap pemborong.

"Kalau memang proyek ini benar-benar melakukan penyimpangan maka saya akan panggil PT CMC dan bila terbukti maka kami tindak tegas," tegasnya.

Menurutnya, proyek pembangunan Gedung SMP Negeri 26 itu sudah selesai dikerjakan dan sudah diserahterimahkan ke pihak dinas.

"Permasalahan ini cukup besar karena proyek itu sudah serah terima dan  kedua belah pihak hukumnya wajib mempertanggung jawabkan," pungkasnya.


Diketahui, proyek pembangunan Gedung Tipe B SMP Negeri 26 di Jalan Banjar Sugihan Surabaya menelan anggaran Pemerintah Kota Surabaya sebanyak Rp 3,2 miliar. rko/dz
Share on Google Plus

About Nadi Usea