Pembangunan Infrastruktur Kacau, Masa Demo DPRD

Ratusan masa saat menggelar unjuk rasa
di depan kantor DPRD Kabupaten Pamekasan.  (foto:DUTA/habib asshiddiq)
Pamekasan - Ratusan massa yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Menggugat mendatangi Kantor DPRD Pamekasan, Rabu (16/11) kemarin, Mereka mempertanyakan kacaunya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pamekasan.

Korlap Aksi, Abd Salam menuturkan, pembangunan infrastruktur yang telah menghabiskan dana miliaran tidak memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat, justru malah menyengsarakan. Banyak pembangunan infrasrtuktur yang dikorup, tidak tepat guna dan tidak tepat sasaran dan kualitas pekerjaan yang jelak.

“Dikerjakan tahun 2016, dianggarkan tahun 2016 tapi rusak pada tahun yang sama. Bahkan banyak pekerjaan baik jalan, saluran irigasi dan pembangunan infrastruktur lainnya yang tidak berumur panjang, ada yang usia satu minggu satu bulan tapi sudah rusak,” teriak Abdus saat orasi.

Abdus begitu disapa menambahkan, anggaran pembangunan infrastruktur di tiga SKPD yakni, PU Bina Marga, PU Cikatarung dan PU Pengairan Pamekasan tahun 2016 sekitar Rp 373, 418 miliar. Seandainya anggaran tersebut diproyeksikan fokus pada infrastruktur jalan, tidak dikorup serta dikerjakan dengan baik, maka satu periode kepemimpinan bupati, APBD Pamekasan tidak perlu lagi dibebani dengan persoalan infrastruktur jalan.

Untuk itu, lanjut Abdus, di perlukan metode pengawasan proses pembangunan infrastruktur dengan melibatkan  pihak ahli diluar struktur birokrasi dan membentuk tim adhoc untuk pencengahan rendahnya kualitas pekerjaan proyek.

“Kami juga meminta agar pemerintah mengevaluasi seluruh infrastruktur tahun 2015 sampai 2016 serta menindak tegas kontraktor nakal. Kami juga minta DPRD Pamekasan membuat surat resmi kepada BPK untuk melakukan audit investigasi seluruh pembangunan infrastruktur anggaran 2015-2016, ” paparnya di applaus peserta aksi.

Puas berorasi, sejumlah perwakilan peserta aksi diminta masuk ke dalam ruangan untuk hearing bersama Komisi III DPRD dan perwakilan pimpinan DPRD Pamekasan. bib


Share on Google Plus

About Nadi Usea