Mahasiswa Spesialis Pencuri Onthel Dibekuk

Tersangka saat deiamanakan
ke Mapolsek Siman.|Duta/Siti
PONOROGO - Berulang kali mencuri sepeda, seorang mahasiswa tertangkap saat mencuri untuk ketiga kalinya, Sabtu (3/12) malam. Jajaran Unit Reskrim Polsek Siman Ponorogo  berhasil menangkap As (23), mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Ponorogo, dalam tempo  3 jam setelah pencurian dilakukan.

Warga Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Ngawi ini ditangkap polisi saat akan menjual hasil curiannya di Proliman, Kecamatan Babadan. Awal  terbongkarnya pencurian sepeda onthel oleh As setelah polisi setempat menerima laporan dari Arif Mujahiddin, warga Grisimai , Mangunsuman, Siaman, Ponorogo pada hari itu juga.

“Sepeda ditaruh di halaman rumah selesai dipakai sholat magrib anak saya, Naufal (9). Lha pas Isya’ sudah tidak ada. Sudah dicari-cari di sekitar komplek rumah juga tidak ada, akhirnya saya laporkan ke Polsek,” terang Arif Mujahiddin, kemarin.

Kapolsek Siman AKP Haryo Kusbantoro menjelaskan, tersangka ditangkap di wilayah Proliman, Bababdan atau sekitar 5 km dari TKP. Saat itu tersangka akan menjual hasil curiannya. “Setelah ada laporan dari saudara Arif Mujahiddin, selanjutnya kami lakukan penyelidikan dan pengembangan . Akhirnya  berhasil menangkap  As saat akan menjual hasil curiannya di Proliman,” terangnya.

Menurut Kapolsek, berdasar pengakuan mahasiswa semester 7 itu, aksi pencurian khusus sepeda sudah dilakukan sebanyak 3 kali di TKP berbeda. Namun polisi hanya mendapatkan 2 barang bukti. ”Tersangka  ini hanya  khusus mengambil sepeda gunung  karena nilai ekonomisnya cukup tinggi. Total kerugian materi dari dua TKP pencurian tersebut  sekitar   Rp 2,7 juta,” imbuhnya.


Dua barang bukti yang berhasil diamankan yaitu  satu  unit sepeda kuno merk  Hambers dan satu unit sepeda gunung merk United  warna biru putih. Akibat perbuatannnya tersangka  diancam dengan Pasal  362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman penjara 5 tahun. Saat ini tersangka ditahan di Mapolres Ponorogo untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. sna 
Share on Google Plus

About Nadi Usea