Polres Gelar Simulasi Kerusuhan

Pilkades

 Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Linmas  gelar simulasi
pilkada serentak, Senin (05/12). DUTA/syaiful
TUBAN  - Sebagai bentuk antisipasi dan persiapan jelang pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan serentak pada 8 Desember 2016 mendatang, Kepolisian Resort (Polres) Tuban, gelar apel pasukan dan simulasi sistem pengaman (Sispam).

Apel gelar pasukan yang digelar di Alun-Alun Tuban, Senin (05/12) diikuti 300 personil dari kepolisian Kodim 0811 Tuban, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), tapi juga melibatkan Linmas yang bersinggungan langsung dengan masyarakat desa.

 “Kegiatan Simulasi Sispam Kota ini dalam rangkah  pengamanan pilkades serentak yang akan digelar pada 8 Desember mendatang, yang diikuti 99 orang calon kepala desa dari 36 desa yang tersebar di 16 kecamatan yang ada di Tuban,” terang Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad.

Lebih lanjut perwira asal Makassar ini menyampaikan pihaknya sebagai aparat negara wajib menjamin melindungi masyarakat untuk memilih dan menggunakan hak pilihnya, menurutnya kesuksesan pilkada ada lima indikator.  “Pertama sukses secara yuridis yakni sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan peraturan Bupati. Indikator yang kedua adalah tingkat partisipasi masyarakat. Ketiga administrasi yang baik sesuai dengan tahapa-tahapan termasuk yingkat sukses distribusi logistik,” ungkapnya.

Indikator keamanan juga menjadi bagian penting untuk menukseskan Pilkada serentak ini, dengan rasa aman masyarakan akan memberikan hak suaranya dengan tenang. Dan yang paling penting calon kepala desa harus memahami konsewensi logis dalam pemilihan kepala desa, harus siap menang dan kalah, serta memberitahukan pendukungnya untuk tetap menjaga keamanan.

Diketahui setelah menggelar apel pasukan, sejumlah personil baik polisi, TNI, Satpol PP, dan Linmas, melakukan simulasi mengantisipasi adanya kerusuhan saat pilkades berlangsung, baik kesiapan siagaan anggota saat terjadi aksi unjukrasa akibat tidak terima calon yang di dukung kalah serta mengecek persiapan kelengkapan peralatan yang akan dipakai.

Saat disinggung jumlah personil yang terlibat pengamanan pilkades serta titik kerawanan, Kapolres Tuban mengungkapkan, sebanyak seribu enam ratus sembilan puluh delapan petugas gabungan akan di terjunkan untuk mengamankan serta mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan.  “Personil yang dilibatkan terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Linmas serta ada juga BKO dari Lamongan, Bojonegoro, dan Brimob juga Sabhara Polda Jatim,” tandasnya. sad



Share on Google Plus

About Nadi Usea