Sebut SBY Aktor Intelek Aksi 411, Boni Dilaporkan

Boni Hargens|IST
SETELAH mengunggah foto pernikahan lama Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin dengan tambahan kalimat satir namun telah minta maaf, Boni Hargens dilaporkan ke polisi oleh kader Partai Demokrat. Dewan Pengawas LKBN Antara itu dilaporkan karena diduga telah menuding Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sebagai aktor intelektual aksi unjuk rasa pada 4 November 2016.

Ketua Forum Komunikasi Kader Partai Demokrat Seluruh Indonesia Didi Irawadi Syamsudin mengatakan, Boni menuduh SBY mendanai aksi unjuk rasa pada 4 November yang berujung ricuh tersebut. Didi menilai, tuduhan Boni tidak berdasar.

"Kami laporkan antara lain fitnah yang dilakukan. Dia menuduh ketuak umum kami (SBY) itu dalang dari aksi damai 4 November yang mana Saudara Boni Hargens mengatakan bahwa itu hasil dari uang korupsi 10 tahun. Itu tentu fitnah yang sangat keji dan tidak bertanggung jawab," kata Didi seusai membuat laporan polisi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (1/12).

Menurut dia, Boni telah menyebarkan berita bohong yang menyebut dana yang dikucurkan untuk massa aksi 4 November berasal dari uang korupsi selama SBY menjabat presiden selama 10 tahun. Didi yanjg juga Wasekjen Partai Demokrat itu mengatakan, Boni menyampaikan hal itu di muka publik.

Didi mengatakan, Boni menyampaikan hal tersebut di sebuah acara diskusi publik dan di media sosial. "Dia mengatakan itu di berbagai forum, antara lain di diskusi pada 11 November ya, di Cikini. Juga di media sosial, dikatakan demikian ya. Di media sosial, dia mengatakan, aksi damai 4 November itu aksi kotor yang didanai uang korupsi selama 10 tahun gitu ya," kata Didi.

Dia mengungkapkan, akibat perkataan Boni tersebut, para kader Partai Demokrat merasa geram. Untuk itu, ia melaporkan perbuatan tidak menyenangkan itu ke polisi. "Soal ini adalah tentu hak para kader karena Ketum kami ini adalah simbol partai, kehormatan partai, tentu kami tidak bisa mendiamkan siapa pun pihak yang melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab secara hukum," kata Didi.

Dalam laporan itu, Didi mengaku membawa barang bukti berupa rekaman saat Boni mengatakan tudingan tersebut dalam sebuah acara diskusi publik dan bukti screenshot dari media online yang memuat pernyataan Boni.

Boni dituduh melanggar Pasal 311 KUHP dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 27 ayat 3 jo Pasal 45 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Penelusurn Duta, Boni memang mengunggah status terkait aksi damai 4 Nobember di akun twitternya. "4 November mainan para aktor pecundang. Ada indikasi uang korupsi dari kekuasaan 10 tahun lalu ikut mendanai aksi kotor tsb. usut tuntas#," tulis Boni di Twitter, Sabtu (12/11/2016). Dalam salah satu komentar di salah satu media online ia mengaitkan  pidato SBY dengan demo tersebut.

Lalu apa tanggapan Boni Hargens soal laporan kader Demokrat:  "Saya baru tahu. Nanti kita lihatlah. Dari pembicaraan itu, kalau dilihat utuh dari pernyataan saya itu akan kelihatan," ujar Boni ketika dikonfirmasi, Kamis (1/12).

Boni mengatakan pernyataanya itu dia lontarkan beberapa hari pasca aksi 4 November. Dia menyampaikan itu pada saat forum diskusi terbuka. "Memang pada saat itu terbuka pernyataan saja. Perlu untuk melihat pernyataan saya dari awal, agar utuh," ujar Boni.

Boni tak menjelaskan secara lebih rinci apakah sebeetulnya memang dia menuduh SBY, sebagaimana yang menjadi inti pelaporan dari Demokrat. Dia hanya menjelaskan secara umum.

"Intinya gini, mari berjuang agar republik ini aman. Siapa yang melindungi kepentingan politik pihak tertentu, ya harus kita lawan. Termasuk para koruptor dan sengkuni," ujar Boni. "Lihat nanti deh. Coba saya cek nanti ke panitia acara video utuhnya," sambungnya.

Sebelum dilaporkan oleh kader Demokrat, Boni Hargens sempat dikecam di lini massa karena mengunggah foto pernikahan Ketum MUI KH M’aruf Amin pada 2014. Dalam unggahan di akun twiiter pribadinya, terdapat tulisan satir yang menyindir Kiai Ma’ruf menikah dengan wanita yang jauh lebih muda.

"Kami ucapkan selamat kepada Bapak Wakil Ketua MUI Ma'ruf Amin yang berusia 73 tahun. Hari ini menikahi wanita cantik Wury Estu Handayani, yang berusia 30 tahunan semoga kedua mempelai berbahagia dan langgeng sampai akhir hayat. Amin Yra." Begitu tulisan satir tersebut.


Namun, Boni kemudian berdalih salah pencet sehingga foto dan status kiriman teman grup WA tersebut terpublikasi. Atas kekhilafan itu, Boni sudah mendatangi MUI dan meminta maaf, meskipun tidak bertemu langsung KH Ma’ruf Amin beberapa hari lalu. ful, kcm, dit
Share on Google Plus

About Nadi Usea